Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Perdayakan Ekonomi Lokal, Mahasiswa KKM 30 UPG Dorong UMKM Desa Karang Suraga di Funtastic Serang

Kamis, Agustus 01, 2024 | Agustus 01, 2024 WIB | 0 Views
Keterlibatan mahasiswa KKM 30 UPG dalam memajukan UMKM Desa Karang Suraga di acara Funtastic Serang. (Foto: ist).

LPM LUGAS - Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77 kabupaten Serang, Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) menggelar Acara Funtastic di wilayah Cibeureum, kecamatan Cinangka, kabupaten Serang, pada Kamis (1/7).


Diketahui, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu merupakan rangkaian program satu dasawarsa kemajuan pembangunan Pemkab Serang masa kepemimpinan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Dalam kegiatannya, di awali dengan Fun Walk dengan di ikuti ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat.


Menyoroti hal ini, Sekda Kabupaten Serang Nanang Supriatna mengatakan, dalam memperingati satu dasawarsa masa kepemimpinan Bupati Serang yang bersamaan dengan Hari Koperasi ke-77 ini, dihadiri berbagai unsur kemasyarakatan yang ada di kabupaten Serang.


Baca juga: Antusias Mahasiswa Mengikuti Bazar Excumen 2024, Dosen: Sebagai Wujud Apresiasi Terhadap Kampus


”Alhamdulilah dihadiri Pak Kajari, Pak Dandim Cilegon, Kapolres juga semua unsur OPD,” ucap Nanang.


Mewakili UMKM Desa Karang Suraga, sejumlah mahasiswa KKM 30 Universitas Primagraha (UPG) mengabdikan dirinya dengan membantu pelaku usaha mikro menengah yang ada di desa Karang Suraga, kecamatan Cinangka, kabupaten Serang, pada pameran bazar yang turut diadakan dalam kegiatan Funtastic Serang tersebut.


Dengan begitu, mahasiswa dapat memberdayakan ekonomi lokal serta mendukung pengusaha mikro menengah dalam memasarkan produknya. Partisipasi ini juga menunjukkan komitmen mahasiswa KKM 30 dalam pengabdiannya kepada masyarakat.


Baca juga: Lepas 1009 Mahasiswa KKM, Rektor UPG: Menuju Prinsip Dasar Tridharma Perguruan Tinggi


Warga Desa Karang Suraga dibantu mahasiswa KKM 30 UPG dalam pameran bazar UMKM satu dasawarsa Bupati Serang. (Foto: ist). 

Tak hanya itu, mahasiswa juga memberikan informasi kepada para pengunjung tentang proses pembuatan dan keunikan setiap produk yang ditawarkan. Sehingga, pengunjung dapat tertarik dengan produk yang dijajakan melalui cara-cara yang unik dan kreatif.


Menanggapi hal ini, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKM 30 Bambang Hermawan memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ia juga mengatakan hal itu dapat menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya di dalam bangku kuliah.


"Sangat bangga dengan dedikasi dan semangat mahasiswa Kelompok 30 KKM Universitas Primagraha dalam membantu pelaku UMKM Desa Karang Suraga di acara Funtastic Serang. Partisipasi mereka dalam menata stand, mempromosikan produk, dan edukasi pengunjung menunjukkan kemampuan mereka dalam mengaplikasikan ilmu ke situasi nyata, serta keterampilan kerjasama tim, komunikasi, dan inovasi," kata Bambang kepada awak media, pada Kamis, 1 Agustus 2024.


Baca juga: Maknai Arti Literasi Perguruan Tinggi, Puluhan Mahasiswa HMPM UPG Gelar Kajian Literasi


Dengan seperti ini, lanjut Bambang, mahasiswa dapat memperdalam pengetahuannya dalam sektor kewirausahaan melalui pemberdayaan ekonomi lokal. "Pengalaman ini memperkaya pengetahuan mereka tentang dinamika dunia usaha dan pemberdayaan ekonomi lokal. Melihat dampak positif dari upaya mereka, saya yakin mereka siap menjadi agen perubahan yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat," jelasnya.


Kendati demikian, Bambang berharap mahasiswa dapat terus berinovasi dan memberikan berkontribusi kepada masyarakat dalam menyongsong masa depan.


"Teruslah berinovasi, terus berkontribusi demi masa depan yang cerah dalam mewujudkan Masyarakat Gemilang (Generasi Mandiri, Ilmiah dan Cemerlang," tukasnya.*



Author: Rasyid/Lpm Lugas 

Editor: Redaksi 

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update