Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Kunjungi Media Tempo, APMS: Memupuk Kekuatan Pers Mahasiswa di Banten

Rabu, Agustus 07, 2024 | Agustus 07, 2024 WIB | 0 Views

Puluhan Pers Mahasiswa Serang menyambangi Media Tempo perusahaan media terbesar di Indonesia, (foto: dok APMS).

LPM LUGAS - Sebanyak tujuh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) yang tergabung dalam Aliansi Pers Mahasiswa Serang (APMS) melakukan kunjungan dengan menyambangi PT. Tempo Into Media Tbk di kawasan Palmerah, Jakarta Selatan, pada Selasa, (6/8).


Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta jaringan insan Pers Mahasiswa dalam aspek kejurnalistikan. Diketahui, Tempo yang merupakan perusahaan media terkemuka di Indonesia, serta kental akan sejarah perlawanannya dalam menumpas ketidakadilan, menjadi referensi Pers Mahasiswa dalam mengelola dan menata pemberitaan yang diterbitkan. Baik berupa media online maupun cetak.


Kepada Lpm Lugas koordinator umum APMS Ahmad Khudori menjelaskan, menilik pada Tempo dalam menghadapi paradigma dan dinamika yang ada di Indonesia. Tempo menempati peringkat pertama pada atensi Pers Mahasiswa Serang dalam kiprahnya dibidang kejurnalistikan.


Baca juga: Jelang HUT RI ke-79, Mahasiswa KKM 09 Desa Sukadana Berkolaborasi Bersama Warga Bersihkan Lingkungan


"Kemarin kita 7 LPM berkunjung Media Tempo merupakan suatu agenda dari APMS. Kita sendiri melihat tempo sebagai media terbesar, juga kemudian mempunyai sejarah panjang pada perlawanan ketidakadilan. Artinya tempo menjadi referensi kita. Dengan melihat paradigma dan dinamika yang ada di Indonesia, Tempo juga media bersejarah di Indonesia. Mereka mempunyai perhatian dari APMS karena kita di APMS bernafas perjuangan kita melihat tempo memiliki kesamaan pada kita," katanya.


"Walaupun tempo media bisnis, tapi tidak menghilangkan informasi-informasi penting bagi masyarakat," tambahnya.


Dalam kegiatannya, Khudori mengungkapkan berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan tersebut. "Kita melihat sistem ruang redaksi, kita melihat kinerja jurnalis dan melihat situasi kondisi di media Tempo," ucapnya.


Baca juga: HAN 2024, KKM 31 UPG Bersama Komunitas Banten Ceria Berikan Edukasi Dampak Buruk Bullying


Dirinya juga menyebut melalui kunjungan ini nantinya dapat mendongkrak kekuatan pembaharu Pers Mahasiswa di provinsi Banten 


"Kegiatan ini diikuti 7 LPM perwakilan APMS dan undangan LPM dari 2 LPM di Pandeglang. Untuk menjadi sarana pembelajaran bagi mereka dalam memupuk kekuatan menjadi pers mahasiswa di Banten," tuturnya.


Selanjutnya, sebagai bentuk tindaklanjut paska kunjungan ini, Khudori menjelaskan APMS akan mengadakan program lainya seperti pendidikan dan serial liputan bersama serta melakukan indep reporting disetiap LPM. 


Baca juga: Soroti Tantangan Jurnalis Saat Ini, Jurnalis Warga Banten Gelar Diskusi Publik


"Tidak kunjungan saja yang bisa kita kolaborasikan, dengan membuat indep reporting di tiap tiap LPM . Kemudian bisa kita jadikan tindak lanjut," terangnya.


Dengan demikian, Ia berharap Pers Mahasiswa dapat mengambil nilai-nilai positif yang dapat diadopsi di Lpmnya masing-masing, seperti konsisten dalam mengedepankan kepentingan masyarakat.


"Kemudian harapan besarnya yang menjadi goals point yakni menjadi pers mahasiswa dalam liputan bersama. Harapan tersebut yang diharapkan dari temen-temen semua," tutupnya. (Red)*

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update