Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Lepas 1009 Mahasiswa KKM, Rektor UPG: Menuju Prinsip Dasar Tridharma Perguruan Tinggi

Rabu, Juli 24, 2024 | Juli 24, 2024 WIB | 0 Views
Tokoh Inspiratif Banten, Airin Rachmi Diany dan Andika Hazrumy hadiri pembukaan dan pelepasan KKM UPG 2024. (Foto: LPM Lugas/redaksi).


LPM LUGAS - Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Universitas Primagraha (UPG) melaksanakan Pembukaan sekaligus pelepasan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 2024 di kampus UPG, pada Rabu, (24/7).


Sebanyak 1009 mahasiswa KKM dari sejumlah Prodi dan Fakultas di UPG siap ditempatkan diberbagai wilayah yang ada di Kabupaten Serang. Hal ini dilakukan supaya nantinya para mahasiswa dapat menularkan bekal pengetahuan yang dimilikinya serta melahirkan nilai kepedulian tinggi dalam aspek kemasyarakatan.


Kepada Lpm Lugas Rektor UPG Romli Ardie mengatakan, melalui KKM mahasiswa dapat mengabdikan dirinya serta memberikan dampak positif kepada masyarakat secara langsung. Hal ini merupakan suatu bentuk upaya dalam menuju prinsip dasar Tridharma Perguruan Tinggi. 


Baca juga: Maknai Arti Literasi Perguruan Tinggi, Puluhan Mahasiswa HMPM UPG Gelar Kajian Literasi


"Jadi setiap civitas akademika selain proses pembelajaran dilalui, penelitian dikerjakan, kemudian pengabdian juga harus dilakukan. Itu prinsip dasar Tridharma Perguruan Tinggi. Disamping itu dengan KKM ini biar mahasiswa merasa peduli. Kepeduliannya muncul, ternyata masyarakat itu perlu didorong dan dibangun. Tanpa ada dorongan dari luar, seringkali masyarakat masih terlena dengan kondisi yang ada," katanya kepada kru Lpm Lugas.


Rektor menyebut mahasiswa menduduki peranan strategis dalam membangun sebuah perkembangan wilayah. Hal ini terlihat dari support dan dukungan mahasiswa dalam kemajuan suatu daerah. "Mahasiswa itu lebih support dengan perkembangan wilayah. Jadi mahasiswa sepanjang itu untuk peningkatan SDM dan sumber daya alam yang ada," jelasnya.


Airin Rachmi Diany bersama Rektor dan Pembina Yayasan Universitas Primagraha membuka acara pembukaan dan pelepasan KKM UPG 2024. (Foto: Lpm Lugas/redaksi).

Selanjutnya, Tokoh Perempuan Inspiratif Banten Airin Rachmi Diany meyakini bahwa potensi besar mahasiswa dapat memberikan dampak yang positif dalam penataan dan pembangunan dengan konsep membangun desa di kabupaten Serang. 


Baca juga: LGPP Jilid II Sukses Digelar, Rektor: Siap Mengabdi Untuk Bangsa dan Negara


"Selamat dan sukses untuk Universitas Primagraha dan KKM insyaallah berjalan lancar. Dapat menjadi pengayaan dan ilmu yang di dapat dibangku kuliah dipraktikan serta dapat menjadi sebuah solusi dalam setiap permasalahan," jelasnya.


Airin berharap dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki, mahasiswa dapat menemukan serta mencarikan solusi dari berbagai macam persoalan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Agar nantinya, dapat menjadi sebuah kebermanfaatan dari teman-teman KKM.


Tak lupa, Airin juga menyampaikan wejangan dan pesan kepada mahasiswa yang melaksanakan KKM untuk terus bersemangat dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat atas ilmu yang diperolehnya dari bangku kuliah.


Baca juga: Songsong Indonesia Emas 2045, Dosen: Harap Mahasiswa UPG Duduki Peran Penting Kemajuan Bangsa


"Tetap semangat, jaga diri, jaga nama baik, jaga keluarga, serta terus berikhtiar apa yang didapat dibangku kuliah dapat dipraktikan dilapangan. Ada hal perbedaan cari solusinya dan merupakan bagian dari solusi bukan dari masalah. Sukses untuk anak-anakku semuanya," ungkapnya.


Lebih lanjut, tokoh Pemuda Inspiratif Banten Andika Hazrumy juga menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa. Dirinya juga mengimbau kepada mahasiswa agar dapat memenuhi lima aspek dalam KKM. Dengan begitu, mahasiswa dapat menjadi pelopor dalam kemajuan pengembangan desa di kabupaten Serang.


"Kelima aspek aspek KKM yang perlu dilakukan pada saat turun kemasyarakat yakni diantaranya, aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek teknologi dan aspek agama serta ekonomi. Dengan demikian, mahasiswa dapat membantu dalam kemajuan desa yang ada di kabupaten Serang," Lugasnya.


Baca juga: Pengurus Himasda Masa Bakti 2024-2025 Resmi Dilantik, Penjabat Kemahasiswaan: Jadikan Pembaharu di Lingkungan Masyarakat


"Harapannya seluruh peserta KKM ini dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan di daerah, khususnya di desa-desa yang akan didatangi termasuk membantu mengelola tata pemerintahanya, keagamaannya, penguatan ekonominya. Saya berharap kontribusi besar yang diberikan UPG ini sangat luar biasa terhadap pengembangan daerah, bukan hanya di Serang tapi di Banten," tutupnya.*



Author: Lpm Lugas/redaksi

Editor: Lpm Lugas/redaksi


Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update