Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Wajib Tau! 8 Alasan Mengapa Belajar Desain Grafis Sangat Penting Bagi Mahasiswa

Jumat, Desember 22, 2023 | Desember 22, 2023 WIB | 0 Views

Ilustrasi Desain Grafis. (Foto: freepik).

Lpmlugas - Desain grafis menjadi salah satu bidang studi penting yang harus kamu kuasai, dari sekian banyak bidang studi yang dapat di kategorikan sebagai salah satu hal yang terpenting dalam proses perkembangan diri dari setiap individu. 


Pentingnya kamu menguasai Desain grafis karena didalamnya mempelajari tentang bagaimana merancang serta memvisualisasikan sebuah ide gagasan yang ada pada diri kamu menjadi sebuah bentuk mahakarya yang dapat dinikmati oleh orang banyak. 


Selain itu, terdapat banyak sekali alasan dan keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mempelajari serta menguasai desain grafis ini.


Berikut ini  8 alasan mengapa desain grafis sangat penting dan patut untuk kita pelajari dan kuasai, diantaranya yaitu :


1. Banyak dibutuhkan di berbagai bidang industri 


Pada era digital seperti saat ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai bidang tentunya akan sangat membutuhkan jasa seorang desain grafis untuk membranding suatu produk visualnya ataupun perusahaannyabitu sendiri.


Dengan ini, perusahaan-perusahaan akan memerlukan produk-produk visual untuk mencakup lebih jauh konsumennya. Produk visual yang dimaksud ialah logo perusahaan, kartu nama perusahaan, iklan visual, poster niaga, visual branding perusahaan, dan masih banyak lagi lainnya.


2. Peluang usaha yang cukup luas


Dengan mempelajari dasar desain grafis, kita dapat mengembangkannya dan mengandalkannya di berbagai bidang usaha. Misalnya dengan membuka usaha studio jasa desain sendiri.


Dengan membuka usaha jasa desain sendiri peluang untuk meraup keuntungan akan lebih besar daripada bergabung dengan sebuah agensi desain. 


Selain itu, dengan kita mempelajari desain grafis, kita juga bisa membuka usaha printing atau percetakan yang mana tentu dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha.


Kemudian juga bisa membuka usaha konveksi, kado illustrasi kekinian, membuat brand fashion sendiri, jasa desain web, atau bahkan menjual aset-aset digital untuk kebutuhan desain grafis.


3. Bisa dijadikan usaha sampingan


Bisnis bidang desain grafis sangat cocok untuk dijadikan pekerjaan sampingan guna menambah penghasilan selain dari pekerjaan utama.


Kemudian untuk melihat seberapa besar peluangnya, kita dapat mengamati dari lingkungan terdekat kita. Seperti desain undangan misalnya, desain banner, poster, kado vektor wajah, kemasan, kartu nama, hingga desain logo usaha sekalipun. 


4. Berpikir kreatif dan inovatif 


Kita dapat memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif karena saat ketika kita mengerjakan sebuah desain tentu akan mencari-cari hal baru atau membuat rancangan desain yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain. 


Nantinya, kita juga akan menerapkan kebiasaan berpikir kreatif di kehidupan sehari-hari kita. Misalnya saja saat membereskan rumah, saat menyelesaikan tugas, ataupun menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan lainnya.


5. Belajar menjadi problem solver


Pada dasarnya seorang desainer grafis akan bekerja untuk memecahkan suatu masalah yang dialami oleh perusahaan atau klien. Desainer grafis akan mengerjakan project dengan melakukan sebuah riset terlebih dahulu apa yang sebenarnya sedang dialami oleh perusahaan atau klien. 


Kemudian desainer grafis akan memberikan solusi atas permasalahan kliennya. Dengan itu, belajar desain grafis sama dengan halnya belajar menjadi seorang problem solver atau pemecah masalah.


6. Membangun personal branding


Personal branding yang dimaksud adalah citra diri atau bagaimana persepsi seseorang terhadap diri kita sendiri. Bisa dikatakan juga sebagai suatu hal yang melekat pada diri kita. 


Dengan mempelajari dan menekuni desain grafis, ini adalah salah satu cara untuk membangun sebuah personal branding.  


7. Skill yang dapat dibanggakan di era digital ini


Skill yang dapat dibanggakan maksudnya ialah rasa kepuasan diri saat kita menguasai ilmu dan mampu menyelesaikan sebuah project desain grafis. Terlebih lagi saat kita mengunggah hasil desain grafis kita ke media sosial dan dijadikan portfolio.


Dengan begitu kita akan mengetahui banyaknya nilai yang diberikan oleh teman-teman kita ataupun orang lain dalam bentuk pendapat, kritik dan saran, serta banyaknya like yang mereka berikan. 


Tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri atas kemampuan kita yang diapresiasi oleh orang lain.


8. Membuat Hari-Hari Tidak Monoton


Mempelajari desain grafis membuat kita memiliki quality time untuk diri sendiri dan menghasilkan sebuah karya yang menarik.


Ide design graphic tidak hanya didapatkan dari duduk berjam-jam. Kita bisa mendapatkan banyak ide kapanpun dan dimanapun ketika melakukan hal apapun.


Inilah sejumlah alasan serta keuntungan besar yang dapat kita peroleh apabila kita mempelajari dan menguasai desain grafis. 


Kendati demikian, semua kembali pada diri kita dan passion kamu. Yang terpenting adalah kamu memiliki kemauan dan tekad untuk mempelajari dan menguasai hal-hal yang dapat membantu kehidupan dan tentunya yang dapat berpengaruh besar pada diri sendiri dan orang lain.


Demikian 8 Alasan Mengapa Belajar Desain Grafis Sangat Penting Bagi Mahasiswa.***

Semoga bermanfaat >_<


Penulis : Putri Ambarsari

Editor : Redaksi (Rasyid)

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update