Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Meskipun Sulit, Mahasiswa Wajib Tahu Lima Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan

Minggu, Desember 31, 2023 | Desember 31, 2023 WIB | 0 Views


Ilustrasi sulitnya bangun pagi. (Foto: freepik).

Lpmlugas – Meskipun hal yang sulit, bangun di pagi hari memiliki banyak sekali manfaat positif bagi kesehatan tubuh dan psikis kita sebagai morning person. 


Mahasiswa wajib tau ini, karena dampak positifnya sangat berpengaruh dalam proses pengembangan diri kamu sebagai mahasiswa.


Dilansir dari Ndtv, pada Kamis (14/12/2023) lalu, berikut kami rangkum dari berbagai penelitian tentang manfaat bangun di pagi hari.


1. Menurunkan Resiko Diabetes dan Sindrom Metabolik


Sebuah penelitian dilakukan kepada warga Korea lanjut usia yang bangun siang menunjukkan lebih rentan menderita sindrom metabolik daripada yang bangun pagi. Ini juga dapat meningkatkan peluang berkembangnya penyakit jantung.


2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Kita


Bangun pagi bisa memberi kamu waktu untuk fokus pada tugas-tugas penting tanpa gangguan. Ini dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif kamu dalam menjalani aktivitas keseharian kamu dalam menerima dan menjalankan kuliah kamu.


3. Meningkatkan Kualitas Tidur


Bangun lebih awal dapat membantu mengatur siklus tidur-bangun kamu sebagai mahasiswa, sehingga meningkatkan kualitas tidur. Memiliki rutinitas tidur yang konsisten sangat penting untuk kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.


4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh 


Tubuh Bangun pagi dan terpapar sinar matahari alami dapat membantu mengatur jam internal tubuh dan meningkatkan produksi vitamin D. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit.


5. Meningkatkan Kesehatan Mental


Memulai hari lebih awal memberikan kamu waktu untuk refleksi diri, meditasi, dan olahraga, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mental, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan agar cermat dalam menerima pembelajaran dalam kelas.


Dengan demikian, dianjurkan kepada kamu (mahasiswa) untuk bangun pagi guna meningkatkan kualitas tubuh dan psikis kamu dalam menjalani kehidupan keseharian termasuk menerima materi pembelajaran dari dalam kelas kamu. 


Sehingga kamu dapat mudah untuk memahami serta mendapatkan konsentrasi lebih dalam menjalani kuliah kamu.***




Author : Acid

Editor : Tb Abdul Rasyid 


Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update