Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Studi: Gejala Demensia Dapat Diketahui Seseorang Pada Saat Mandi

Kamis, Desember 28, 2023 | Desember 28, 2023 WIB | 0 Views


Ilustrasi seseorang saat mandi. (Foto: freepik).

Lpmlugas – Gejala Demensia tidak selalu kehilangan memori dan kebingungan saja, tetapi, bisa bervariasi dan berbeda dari satu pasien dengan pasien lainnya.


Seseorang dapat mengetahui tanda awal dari demensia, hal itu dapat diketahui pada saat dirinya sedang mandi. Dengan mengetahui tanda peringatan dini ini dapat membuka peluang bagi penanganan pasien.


Dikutip dari laman Mirror, Kamis (28/12/2023), sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari University of Chicago di Amerika Serikat, melakukan pendalaman tentang gejala ini. Gejala yang dimaksud ialah penurunan yang signifikan pada fungsi indra penciuman seseorang.


Peran ingatan merupakan peran penting dalam mengenali sebuah aroma. Dalam studi itu, para peneliti menganalisis indra penciuman 515 orang lanjut usia. Tes penciuman yamg dikembangkan mirip dengan tes penglihatan dan pendengaran serupa.


Menurut para peneliti, mengatakan bahwa tes tersebut dapat berguna dalam mendorong masyarakat untuk selalu mewaspadai potensi tanda-tanda peringatan demensia.


Hal itu dapat dilakukan pada saat kita mandi, mencermati jika ada penurunan kemampuan mencium sampo dan sabun mandi saat mandi.


Penulis senior studi, Jayant M Pinto mengatakan dengan penelitian itu, mendapatkan petunjuk baru tentang penurunan drastis indra penciuman sebagai sebuah indikator atau gejala demensia.


Pinto merupakan profesor bedah di Universitas Chicago yang mempelajari penyakit penciuman dan sinus. Dia dan timnya menjumpai perubahan struktural di wilayah tertentu di otak peserta.


"Kami dapat menunjukkan bahwa volume dan bentuk materi abu-abu di area penciuman dan otak yang berhubungan dengan memori pada orang-orang dengan penurunan indra penciuman yang drastis lebih kecil dibandingkan dengan orang-orang yang penurunan fungsi indra penciumannya tidak terlalu parah," lugas Pinto.(Acd)*

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update