Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Studi: Berjalan Kaki Sebanyak 8.200 Langkah Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kronis

Rabu, Desember 20, 2023 | Desember 20, 2023 WIB | 0 Views

Olahraga jalan kaki berdampak besar bagi kesehatan secara keseluruhan. (Foto: freepik)

Lpmlugas - Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah studi mengemukakan dampak besar jalan kaki dalam mencegah penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Penelitian itu telah menghubungkan jalan kaki secara teratur dengan peningkatan kesehatan jantung. Aktivitas ini sangat membantu menjaga tekanan darah yang sehat, mengurangi risiko penyakit jantung, serta dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular dengan keseluruhan.


Seperti dilansir dari laman Times of India, pada Rabu (20/12/2023), jalan 10.000 langkah sehari untuk kesehatan adalah tren yang kini sedang populer. Kendati demikian, penelitian lain tentang aktivitas fisik ini juga mengemukakan bahwa berjalan lebih sedikit  juga dapat membuat badan sehat.


-


Sebuah studi yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical Center di Nashville, TN, pada 2022 menemukan bahwa jalan kaki sebanyak 8.200 langkah dapat mengurangi resiko dari penyakit kronis.


Ada beberapa yang bisa dikatakan penyakit kronis itu yakni diantaranya obesitas, sleep apnea, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), gangguan depresi mayor (MDD), diabetes dan tekanan darah tinggi. Studi yang dirilis pada 2022 juga menemukan bahwa jalan lebih banyak membantu lebih baik.


"Untuk sebagian besar kondisi, lebih tinggi lebih baik. Namun, untuk diabetes dan tekanan darah tinggi, kami mengamati adanya peningkatan sekitar 8–9.000 langkah per hari, dan jika melebihi itu, tidak ada manfaat yang jelas," kata peneliti senior studi ini Dr. Evan L. Brittain, profesor kedokteran di Vanderbilt.


Hal ini tidak berarti bahwa orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes harus berhenti jalan kaki ketika mereka mencapai target langkah tersebut. Ini karena ada manfaat dari aktivitas di luar kedua kondisi tersebut.


-


Sesuai penelitian terbaru dalam British Journal of Sports Medicine, jalan kaki setidaknya 4,5 km per jam dapat secara efektif membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes. 2,5 mph setara dengan 87 langkah per menit untuk pria dan 100 langkah untuk wanita.


Manfaat jalan kaki akan maksimal jika dilakukan secara konsisten. Hindari rutinitas sporadis dan upayakan aktivitas fisik yang teratur dan berkelanjutan. Rasa sakit yang terus-menerus selama atau setelah berjalan tidak boleh diabaikan. (Acd)*

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update