Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Mahasiswa Wajib Tau! Ini 6 Dampak Buruk Begadang Bagi Kinerja Akademik

Selasa, Desember 19, 2023 | Desember 19, 2023 WIB | 0 Views

Ilustrasi dampak buruk kurang tidur akibat begadang. (Foto: freepik).

 

Lpmlugas – Tidur larut malam atau yang lebih akrab disebut begadang, seringkali menjadi salah satu hal yang tak terhindarkan bagi semua orang. Termasuk juga bagi mahasiswa. Mahasiswa Gemilang, pernah kamu merasakan ini juga? Sudah lewat tengah malam, tetapi masih mengerjakan tugas dan revisi ujian yang masih menumpuk. Cara mengatasinya tidak lain tidak bukan ya dengan begadang lagi.


Penting kamu ketahui, Begadang memiliki dampak sangat buruk bagi kesehatan kita, yang nantinya dapat mempengaruhi daya kinerja mahasiswa. Tak sedikit penelitian yang menyoroti berkenaan dengan konsekuensi negatif dari begadang yang dilakukan secara terus-menerus.


Berikut 6 dampak buruk dan sejumlah alasan mengapa kamu sebaiknya berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk begadang!



1. Mempengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan begadang yang dilakukan berulang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko terkena penyakit hingga terkena infeksi. Tubuh manusia juga memerlukan waktu istirahat (tidur) yang cukup untuk memperbaiki sel-sel dan menjaga imunitas tubuh.


2. Gangguan Metabolisme

Dengan kurang tidur, dapat mempengaruhi metabolisme tubuh anda terutama kepada mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menyatakan bahwa kurang nya waktu tidur dapat peningkatan nafsu makan sehingga mengganggu regulasi gula darah, yang dapat berdampak pada kesehatan jantung dan juga berat badan anda.


3. Masalah Kesehatan Mental

Berdasarkan Studi yang dilakukan oleh Journal of Adolescence menjelaskan, bahwa begadang yang di lakukan berulang dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan. Hal demikian disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia dalam otak akibat kurangnya waktu tidur.


4. Gangguan pada Pola Tidur

Kurangnya porsi tidur anda, dapat mengganggu pola tidur alami setiap orang, termasuk dapat mengganggu kesehatan fisik maupun mental. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa seyogyanya mendapatkan 7-9 jam tidur setiap malam. Jika kamu begadang terus menerus, tubuhmu tak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan diri.


5. Menurunkan Konsentrasi dan Daya Ingat

Dengan kurangnya waktu tidur akibat begadang, dapat menyebabkan penurunan konsentrasi dan daya ingat. Hal itu tentu saja tidak ideal bagi mahasiswa yang memerlukan fokus tinggi untuk menyerap informasi dan belajar dengan efektif di dalam maupun lingkungan kelas.


6. Kinerja Akademik Menurun

Meskipun kamu berpikir begadang membantumu menyelesaikan tugas-tugas kuliah, namun sebenarnya hal ini dapat menyebabkan kinerja akademik menurun. Jika kamu kelelahan dan kurang tidur, kemampuan belajar dan penyerapan kamu terhadap materi kuliah juga pastinya akan berkurang.


-


Bagaimana? Apa yang dapat kamu lakukan untuk menghindari Begadang dan tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh kamu? Dengan hal sederhana, cobalah untuk mengelola waktu dengan bijak, mengatur jam tidur yang teratur dan hindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein serta berolahraga secara teratur. (Acd)*




Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update