Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Komputer Terasa Lambat dan Lemot, Ini Enam Cara Atasinya dengan Mudah

Jumat, Desember 08, 2023 | Desember 08, 2023 WIB | 0 Views
Ilustrasi perangkat komputer. (Unsplash).

lpmlugas.com - Komputer, seperti sahabat setia di dunia maya, adalah mesin canggih yang tak hanya menghitung angka, tapi juga membawa kita berpetualang dalam keramaian digital. 


Dari mencari resep masakan hingga memainkan game favorit, komputer adalah alat ajaib yang membuka pintu ke hiburan dan produktivitas. 


Komputer adalah mesin ajaib yang membuat hidup kita lebih mudah. Namun juga komputer yang lambat dapat membuat kita frustasi.


Pada saat awal kita membeli sebuah komputer pasti akan terasa cepat, namun lama kelamaan pasti komputer kita akan mengalami lemot atau lambat dalam memproses sesuatu.


Dihimpun dari beragam sumber, berikut ini beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan dirumah untuk mengatasi komputer yang lambat atau lemot:


1. Periksa Kesehatan Sistem Penyimpanan


Periksa kesehatan sistem penyimpanan secara berkala, karena sistem penyimpanan yang buruk sangat membuat komputer memproses sesuatu menjadi sangat lama juga dapat mempengaruhi kinerja keseluruhan dari komputer tersebut. 


Cara memeriksa kesehatan sistem penyimpanan bisa melalui Harddisk Sentinel, bisa di download melalui link berikut  https://www.hdsentinel.com/download.php


Jika dirasa kesehatan sistem penyimpanan buruk dan komputer terasa lambat, maka cara terbaiknya adalah dengan cara melepas perangkat keras atau hardware nya tersebut kemudian menggantinya dengan yang baru.


2. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai


Aplikasi yang tidak terpakai hanya akan memakan penyimpanan dan memperlambat kinerja komputer saja, lebih baik dihapus agar komputer dapat bekerja lebih optimal juga memperluas penyimpanan pada komputer. 


Cara untuk menghapus aplikasi pada komputer adalah melalui Windows > Settings > Apps > Apps & Features > Klik aplikasi yang ingin dihapus > Uninstall.


3. Hapus File Cache


Dilansir dari Bhinneka.com, cache merupakan proses yang digunakan oleh browser dan aplikasi untuk menyimpan informasi yang paling sering diakses. Jadi aplikasi dan browser tidak perlu mengunduh data lagi sehingga lebih cepat dalam proses memuat. 


File Cache dapat menumpuk jika tidak diperhatikan, dan ini dapat memperlambat kinerja sebuah komputer. Cara untuk menghapus file cache adalah File Manager > Klik kanan disc atau Sistem Penyimpanan yang ingin dibersihkan > Properties > Disc Clean Up > Ceklis yang ingin dihapus > Ok.


4. Update Windows


Windows sebagai sistem operasi juga perlu untuk diperbarui atau diupdate agar komputer berjalan lebih optimal dan sistem terasa lebih segar. Biasanya Windows memberikan notifikasi atau pemberitahuan jika ada update atau pembaruan Windows. 


Tetapi ada juga cara manual untuk memeriksa apakah komputer kita sudah dalam versi terbaru atau lawas. Caranya adalah ke Windows > Settings > Windows Update > Check for update, setelah itu kita akan diberitahu apakah sudah yang paling terbarukan atau butuh pembaruan.


5. Periksa Aplikasi yang Sedang Berjalan


Periksalah aplikasi yang sedang berjalan pada komputer kalian, jika dirasa ada aplikasi yang tidak digunakan atau diperlukan tetapi tetap berjalan maka bisa kita tutup. 


Cara menutup aplikasi yang tidak dipakai adalah Klik kanan pada taskbar atau bagian bawah layar > Task Manager > Klik aplikasi yang ingin ditutup > Kemudian pilih End Task.


6. Periksa Virus


Virus juga dapat menyebabkan komputer berjalan lambat. Selain memperlambat komputer, virus juga dapat merusak komputer. Virus biasanya didapatkan dari internet. 


Virus ada berbagai macam tipenya, antara lain trojan, adware, spyware, ransomware, dan masih banyak lagi, juga tiap jenis virus bereaksi berbeda kepada komputer kita. Alangkah lebih baiknya kita Scan virus secara berkala dengan aplikasi antivirus. 


Aplikasi antivirus ada banyak, yaitu Avast, Malwarebytes, McAfee, dan masih banyak lagi. Cara melakukannya disetiap aplikasi relatif sama, yaitu buka aplikasi antivirus > kemudian lakukan Scan Virus > Tunggu sampai selesai. Lebih disarankan jika memiliki aplikasi antivirus berbayar.


Itu saja beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah jika komputer lambat, jika semua cara sudah dilakukan dan hasilnya masih juga lambat maka disarankan untuk menghubungi teknisi komputer lebih lanjut.


Penulis : Imanta Yuliantara

Editor : Achmad Pahmi

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update