Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Sukses Gelar Seminar E-Commerce, Ini Strategi dan Cara Bisnis di Era Digital

Sabtu, Mei 25, 2024 | Mei 25, 2024 WIB | 0 Views

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis sukses menggelar seminar E-commerce hadapi bisnis di era digital. (Foto: ist).

LPM LUGAS - Mengakhiri tugas Ujian Tengah Semester (UTS), mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Primagraha (UPG) Serang, sukses melaksanakan Seminar E-Commerce di Gedung Auditorium Universitas Primagraha, pada Sabtu, (25/5) kemarin. 


Pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini menjadi pemantik dalam keberlangsungan seminar ini, para mahasiswa perlu memahami secara mendalam terkait dengan strategi bisnis apa saja yang dapat di lakukan di era digital.


"Kegiatan seperti ini dilakukan supaya mahasiswa dapat memahami dan mengerti lebih dalam tentang strategi bisnis di era digital," kata Dosen Pengampu Mata Kuliah E-commerce Udin Bahrudin dalam keterangannya.


Baca juga: Polemik Revisi UU Penyiaran Guncang Kemerdekaan Jurnalisme Investigasi


Hal senada dikatakan Fahmi Amirullah Anwar, selaku pemateri dalam seminar yang bertajuk "Kuasai Strategi Bisnis di Era Digital" ini, bahwa terdapat berbagai acuan dalam menjalanlan bisnis di era digital seperti TikTok Affiliate. Dirinya pun menjelaskan berbagai macam cara yang dapat dilakukan guna menunjang perkembangan bisnis digital pada TikTok Affiliate, diantaranya:


1. Endorse 

Endorse menjadi suatu bentuk dukungan atau rekomendasi dari seseorang atau pihak tertentu terhadap produk ataupun jasa yang ditawarkan.


2. Komisi 

Komisi/upah tambahan yang dibayarkan kepada karyawan yang memiliki kemampuan dalam kinerjanya yang melampaui target. Sedangkan bonus adalah insentif kepada semua orang/karyawan ketika perusahaan mendapatkan kenaikan profit.


Baca juga: Tahapan Tugas Akhir Mandek, Mahasiswa Semester Akhir FEB UPG: Minta Kepastian Tahapan Tugas Akhir dan ACC Judul


3. Bonus Bulanan dan Tahunan

Sejumlah uang yang disisihkan setiap bulan untuk diperoleh staf sebagai bonus potensial. Pendapatan tambahan yang diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan diluar gaji pokok yang diterima. Bonus ini diberikan sebagai bentuk apresiasi perusahaan pada karyawan dalam pencapaian targetnya yang dicapai.


Adapun tahapan dan cara untuk mendaftar TikTok affiliate yakni, pertama Anda bisa mengakses akun seller TikTok terlebih dahulu. Lalu anda bisa mengunjungi situs seller-id.tiktok.com, login menggunakan akun seller Anda. 


Setelah itu Anda bisa masuk ke website dari TikTok Shop Affiliate tersebut dan pilih menu program.


Pada menu ini Anda bisa memilih fitur “Program Toko” lalu anda bisa membuat sebuah program dan memilih jenis komisi yang akan diberikan pada kreator. Anda juga dapat menentukan presentasi dari komisi yang akan dikirimkan ke kreator tersebut. 


Baca juga: Viral di Medsos Kasus Pembubaran Mahasiswa di Tangsel, Polisi Tetapkan Empat Tersangka


Jika sudah yakin, Anda bisa klik kirim untuk memvalidasi bahwa toko anda telah membuka kesempatan untuk affiliasi.


Dengan demikian, cara ini dapat dilakukan untuk mendaftar TikTok Shop Affiliate, informasi selanjutnya jika Anda ingin menghentikan program afiliasi ini Anda bisa langsung mengklik menghentikan program sebagai TikTok Seller Center Affiliate. 


Tidak hanya sampai disitu, terdapat juga cara untuk mendaftar TikTok Affiliate yang bisa anda lakukan sebagai pembuat konten. Berikut cara mendaftar untuk pembuat konten pada TikTok Affiliate diantaranya:


Baca juga: Viral di Medsos Kasus Pembubaran Mahasiswa di Tangsel, Polisi Tetapkan Empat Tersangka


1. Tidak jauh berbeda seperti cara daftar untuk seller, Anda bisa mengunjungi situs seller-id.tiktok.com terlebih dahulu melalui browser.


2. Selanjutnya anda bisa login menggunakan akun kreator TikTok yang telah anda miliki. Jika sudah login, anda bisa menyimak beberapa persyaratan dan ketentuan yang telah ditulis di sana, Anda bisa klik setujui jika sudah setuju tentang daftar Afiliasi TikTok.


3. Lalu, anda bisa klik otorisasi sebagai tanda setuju lalu mengisi semua data yang telah tertulis di sana seperti ada email, nomor HP, alamat serta data lengkap lainnya. Jika sudah terisi anda bisa klik lanjutkan serta centang untuk pernyataan terakhir yang ada di halaman informasi dasar.


4. Kemudian, anda bisa melanjutkan verifikasi data kartu tanda penduduk (KTP) serta melakukan selfie menggunakan KTP dan melengkapi data yang tersedia.


Baca juga: 3 Mei Diperingati Sebagai Hari Kebebasan Pers Sedunia


Anda bisa klik simpan lalu tunggu email jawaban dari TikTok sebagai tanda bukti registrasi. Jika telah memperoleh bukti registrasi, anda bisa klik menu pengaturan serta menu privasi untuk mengaturnya dan login Afiliasi TikTok selesai.


5. Klik menu tiktok shop lalu anda bisa menambahkan produk yang bisa dijadikan sebagai afiliasi produk. Lalu anda bisa memilih produk yang akan dipromosikan dengan menggunakan link dari akun TikTok shop itu sendiri atau bisa juga menghubungkan link yang berasal dari e-commerce. Setelah itu anda bisa melihat berapa komisi yang dapat diperoleh saat mempromosikan produk tersebut.


Demikian cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar menjadi Affiliate dari TikTok . Sebelum membahas informasi selanjutnya, apasih maksud dari program affiliasi dari TikTok?


Baca juga: Sambut Hardiknas 2024, Puluhan Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Kantor Bupati Serang


TikTok Affiliate merupakan sebuah program dari TikTok yang digunakan sebagai bentuk strategi untuk menghubungkan antara penjual dengan kreator yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk.


Jadi dalam hal ini keduanya saling menguntungkan karena tidak hanya seller saja yang mendapat keuntungan dikenal oleh masyarakat luas karena telah dipromosikan oleh kreator. Namun dalam hal ini kreator juga akan memperoleh komisi dari kegiatan promosi tersebut.


Perlu diketahui, bahwa untuk menjadi affiliate, seorang kreator tidak dibatasi oleh jumlah followernya. Jadi berapapun jumlah pengikut yang Anda miliki, Anda bisa berkesempatan untuk menjadi afiliasi di TikTok. Namun beberapa penjual ada yang memberikan peraturan minimal dari jumlah pengikut yang dapat menjadi affiliasinya.


Baca juga: Demonstrasi Mahasiswa: Desak Kejati Banten Tuntaskan Kasus Situ Ranca Gede Jakung


Lebih lanjut, terdapat berbagai cara agar konten yang dibuat dapat menjadi menarik, sehingga yang kita lakukan nantinya akan memperbesar peluang dalam mendapatkan keuntungan, cara yang dapat anda lakukan supaya menarik bagi konsumen/responden pada apa yang anda tawarkan yakni sebagai berikut:


1. Sertakan Hastag Viral di Caption Video

Gunakan audio yang sedang tranding, mengikuti video yang tengah viral. Lalu, membuat video yang bagus dan berkualitas. Untuk membuat video yang berkualitas, diharuskan memperhatikan beberapa poin penting didalamnya, diantaranya yaitu:


- Kamera

Kamera yang digunakan untuk membuat video harus berkualitas bagus, agar video yang dihasilnya juga jernih. Kamera yang digunakan bisa dari DSLR, Mirrorless atau kamera HP.


Baca juga: Korban Kekerasan Seksual Diam, LBH Apik Banten: Mulai dari Aib Hingga Penanganan Yang Memojokkan Korban


- Aplikasi Edit Video

Gunakan aplikasi edit video yang baik dan berisi dengan efek dan tidak menurunkan kualitas video yang kamu rekam. Buat video yang berkreasi dengan transisi yang apik.


- Suara atau Audio

Pada poin ini, kamu harus menentukan suara atau audio yang berkualitas juga. Hal itu berguna agar yang menonton video kamu bisa menikmati konten TikTok kamu.


- Unggah Video pada Jam Tertentu

Selain membuat video yang baik dan menggunakan hastag, kamu juga harus bisa menentukan waktu saat kamu posting video di akun TikTok mu.


Baca juga: Silaturahmi Satgas PPKS PTN-PTS Banten: Kolaborasi Perangi Kekerasan Seksual di Banten


- Stitch Video TikTok Lain

Banyak video di TikTok mempunyai penonton yang ramai. Kamu bisa melakukan duet atau stitch dengan video tersebut, hal itu berguna agar video kamu juga terhubung dan mempunyai kesamaan dengan video yang sudah ramai tersebut.


- Terus Aktif di TikTok

Aktifnya kamu bermain TikTok sangat menjadi pendongkrak agar video yang kamu posting menjadi kategori FYP di TikTok. Hal itu berguna agar kamu bisa terus memantau berbagai tren yang tengah ramai.


Pentingnya interaksi pengguna dengan bijak, agar grafik tetap bertahan maka di video anda yang ramai balas kolom komentar dengan video yang dinilai kurang ramai penontonnya. Hal terpenting ialah konsisten dalam mengunggah video dan berinovatif.




Author: Sintia 

Editor: Rasyid 

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update