Notification

×

Postingan Populer

Berita terbaru

Mahasiswa Manajemen UPG Gelar Seminar Digital Marketing, Bekali Strategi Bisnis di Era Teknologi

Selasa, Februari 04, 2025 | Februari 04, 2025 WIB | 0 Views

Seminar Manajemen Pemasaran oleh Mahasiswa Prodi Manajemen (Foto: Imanta/LPM Lugas)

LPM LUGAS – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Primagraha (UPG) sukses menggelar seminar bertajuk "Strategi Pemasaran Digital di Era Teknologi: Optimasi Media Sosial dan Konten untuk Kesuksesan Bisnis". Kegiatan ini menjadi bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Manajemen Pemasaran semester 5 yang diampu oleh Priatna Wijaya.


Seminar yang berlangsung di Gama Resto Café dan Hall ini menghadirkan, CEO PT Anukulaghana, Riki Ghana Suyatna, sebagai pembicara utama. Dalam pemaparannya, ia menegaskan bahwa pemasaran digital menjadi kebutuhan penting di era revolusi industri 4.0 dan 5.0, terutama dalam memanfaatkan media sosial sebagai strategi bisnis yang efektif.


“Pemasaran digital, khususnya melalui media sosial dipadukan dengan konten marketing, adalah strategi yang sangat baik untuk diterapkan, terutama bagi anak-anak muda dan mahasiswa yang kini semakin dekat dengan dunia digital,” ujar Riki Gana, Minggu (2/2/2025).


Namun, ia juga menyoroti tantangan yang dihadapi pelaku UMKM, terutama kurangnya pemahaman tentang digital marketing. 


Pelaku usaha, kata Riki, kerap menganggap bisnis mereka dapat berjalan tanpa memanfaatkan media sosial, padahal strategi digital yang tepat dapat memperluas jangkauan pasar secara signifikan.


Sebagai solusi, Riki Gana mendorong generasi muda untuk lebih mencintai dunia digital marketing dan memanfaatkannya sebagai alat pengembangan bisnis.


“Strategi pertama adalah cinta dulu terhadap digital marketing, karena zaman sekarang hampir semua orang menggunakan media sosial. Setelah itu, kita belajar bagaimana media sosial bisa menghasilkan uang,” tambahnya.


Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa meskipun teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) semakin berkembang, kreativitas manusia tetap menjadi elemen utama dalam pemasaran. 


“Teknologi adalah alat, tapi kreativitas tetap datang dari manusia. Jangan biarkan kita hanya bergantung pada teknologi, namun jadikan itu sebagai cara untuk memperluas jaringan dan pasar,” tuturnya.


Sementara, Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Luthfi Fauzi, berharap seminar ini dapat memberikan wawasan mendalam mengenai pemasaran digital kepada peserta. 


“Seminar ini diadakan untuk memenuhi tugas UAS, namun juga sebagai wadah untuk belajar dan mendalami strategi pemasaran di era digital. Meskipun ada beberapa kendala teknis selama acara, kami bersyukur semuanya dapat diselesaikan dengan baik. Semoga seminar berikutnya dapat lebih sukses dan lebih meriah,” ujarnya kepada kru LPM Lugas.


Seminar ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mahasiswa tentang strategi pemasaran digital, tetapi juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk berdiskusi langsung dengan praktisi di bidangnya. 


Dengan begitu, dalam meningkatnya peran digital marketing dalam dunia bisnis, diharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan wawasan ini untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat.


Reporter: Rusna, Dinda

Editor: Rasyid

Pers Mahasiswa

Pers Mahasiswa
Sarana Informasi Kampus Terpercaya
×
Berita Terbaru Update